Artikel

Remaja Juga Bisa

Redaksi Psimas
27-04-2022 07-32_cover.png

Hai Sahabat Remaja, banyak hal yang kita alami dalam keseharian kita yang berkaitan dengan rasa percaya diri.
Pernahkah kalian mengalami seperti ini? Saat mau presentasi di kelas, aku nggak berani maju kedepan, mau bicara di depan teman-teman, rasanya ngeri. Saat ada ujian, aku takut soalnya sulit, aku takut ngga bisa mengerjakan. Saat mau belajar naik sepeda motor, aku takut nanti jatuh. Saat mengikuti lomba, aku takut nggak berhasil, kalah sama teman-teman. Saat mau mengerjakan PR, aku takut salah. Dan masih banyak lagi yang kadang kita alami.

Hmm...gimana perasaan kalian? 
Pada situasi-situasi tertentu, kita merasa khawatir bahwa nanti tidak berhasil melakukannya. Menurut salah satu pakar psikologi, Albert Bandura, keyakinan bahwa kita mampu melakukan sesuatu sesuai dengan harapan dan keinginan dikenal dengan kepercayaan diri. Kita memiliki kemampuan dan percaya bahwa kita bisa berhasil. Di dalam kepercayaan diri ada optimisme dalam melihat sesuatu hal yang akan dilakukannya dan tidak takut akan kegagalan.Selain itu, ada keberanian untuk mencoba. Tak ada keraguan untuk mengekspresikan kemampuan yang dimiliki.

Kenapa sih kita merasa nggak percaya diri?

Ada bermacam-macam hal yang menyebabkan kita menjadi nggak percaya diri. Ada faktor dari dalam diri kita atau dari luar diri kita. Faktor dalam diri kita misalnya pemikiran negatif tentang diri, pengalaman yang kurang menyenangkan di masa lalu misalnya kegagalan, peristiwa traumatis dan lain-lain. Selain itu, berkaitan dengan masa perkembangan remaja dimana banyak perubahan yang dialami baik psikis, sosial maupun fisik. Pada masa ini terjadi krisis identitas sehingga remaja merasa ragu-ragu atau canggung atas peran yang disandangnya. Dari luar diri kita misalnya tuntutan tugas yang terlalu tinggi, pengasuhan dalam keluarga, labelling dan opini dari orang sekitar kita.

Bagaimana menumbuhkan percaya diri itu, Kak?

Sahabat Psimas, menjadi percaya diri, tidaklah tumbuh dengan sendirinya. Perlu ada latihan dengan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa tips yang bisa kita coba untuk membangun percaya diri. Kuuuy, kita simak !

1. Kenali segala potensi yang kita miliki dan mensyukurinya.
Setiap orang memiliki potensi sehingga sudah selayaknyalah kita berupaya mengenalinya dan mensyukurinya dengan terus mengembangkannya. Apabila tidak dikembangkan, sayang bukan?

2. Apresiasi terhadap pencapaian yang didapat.
 Sekecil apapun pencapaian yang diraih perlu dihargai. Kita dapat memberikan penghargaan terhadap diri kita misalnya dengan berterima kasih pada diri sendiri, memberikan reward atau hadiah pada diri sendiri dan lain sebagainya.

3. Berpikir positif.
 Apa yang kita pikirkan akan berpengaruh terhadap diri kita. Oleh karena itu, sangat penting mengelola pemikiran agar selalu berpikir positif. Berpikir positif akan menumbuhkan optimisme ketika akan melakukan sesuatu. Sebaliknya, apabila kita berpikir negatif maka kita cenderung akan hopeless atau kurang memiliki harapan.

4. Melakukan afirmasi diri (self affirmation).
Afirmasi diri dengan memberikan pernyataan positif yang mendukung kepercayaan diri. Afirmasi diri dengan kata-kata positif ini diharapkan dapat membawa perubahan positif pada diri misalnya meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi untuk terus berusaha mencapai apa yang kita harapkan. Pernyataan positif ini misalnya "saya pasti bisa", "saya berani mencoba", "saya bisa meraih sukses", "saya memiliki kemampuan"dan lain sebagainya.

5. Berani mengambil risiko
 Di setiap hal yang kita hadapi kadangkala ada risiko yang menyertai. Risiko bukan berarti dihindari tapi ini akan melatih kita mencari strategi untuk antisipasinya. Misalnya saat presentasi di depan kelas, takut lupa, maka kita bisa antisipasi dengan membuat cue card atau catatan kecil pointer materi.

6. Menetapkan tujuan yang realistis
 Tujuan yang ingin kita raih perlu ditetapkan secara realistis sesuai dengan kemampuan kita sehingga kita akan mudah meraihnya. Apabila tujuan terlalu tinggi maka akan sulit tercapai.


Kepercayaan diri sangat penting dalam hidup kita. Percaya diri akan membuat kita bersemangat untuk mengaktualisasikan potensi yang kita miliki dan meraih impian kita. Namun sebaliknya, apabila kurang percaya diri, maka kita akan cenderung ragu-ragu pada diri kita sendiri. Yuuuk, tetap semangat yaa!

"Satu di antara kunci penting untuk sukses adalah rasa percaya diri. Sebuah kunci penting untuk kepercayaan diri adalah persiapan." - Arthr Ashe

"Tiadanya keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan; dan saya percaya pada diri saya sendiri." - Muhammad Ali

================================

REFERENSI 

Afiatin, T. dan Andayani, B. 1998. Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Penganggur Melalui Kelompok Dukungan Sosial. Jurnal Psikologi, 2, 35-46

Riyanti, C. dan Darwis, R.S. 2020. Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (1), 111-119

Silakan bagikan halaman ini:

Artikel Lainnya

Kamu Tim Growth Mindset atau Fixed Mindset?


Remaja Juga Bisa


Toxic Relationship VS Healthy Relationship


Kenapa Belajar Perlu Motivasi?


Apa Itu Toxic Relationship?


BERJUANG MERAIH MIMPI


Menjadi Kreatif, Kenapa Nggak?


Tumbuh berkembang bersama sahabat


Antara Passion dan Career, Mana yang Lebih Diutamakan?


Jadikan Membacamu Lebih Asyik


Katakan TIDAK pada Rayuan Pacar


Berbagi dengan Dukungan Psikologi Awal (DPA)


Psikolog Masuk Sekolah
psikologmasuksekolah

@PSIMAS, 2020. ALL RIGHTS RESERVED