Artikel

Berkenalan dengan Public Speaking

Sita Alfiyah, M.Psi., Psikolog
08-02-2021 21-00_cover.jpg


Haaai, Sahabat Remaja...... Pernahkah kita berbicara di depan umum? Misalnya ketika harus menjelaskan sesuatu pesan ke dua orang atau lebih.... Hmmm... gimana niih rasanya? Dag Dig Dug Der...? Nggak diperhatikan audience? Audience nggak paham apa yang kita sampaikan? So pasti bermacam-macam yaa rasanya. Agar berbicara di depan umum dengan lancar kita perlu berlatih dengan teknik yang tepat dan sering melakukannya sehingga akan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Berbicara di depan umum (public speaking) merupakan kemampuan seseorang untuk berbicara di depan umum dengan benar sehingga pesan dapat dengan jelas tersampaikan dan tujuan bicara bisa langsung didapatkan. Kemampuan kita dalam berbicara akan mendukung dipahaminya pesan yang kita sampaikan kepada audience. Kemampuan berbicara di depan umum sangat penting karena dalam sehari-hari kita membutuhkan keterampilan ini dalam penyampaian pesan misalnya saat paparan, ceramah, berbicara saat rapat dan diskusi, menjadi pembawa acara dan lain-lain.

Ketika berbicara di depan umum, ada dasar utama dalam keterampilan tersebut, antara lain:

  • Jujur.   Harus diingat niiih... Kita jangan mengarang fakta saat berbicara karena apabila kita tidak bicara jujur maka akan sulit mendapatkan kepercayaan dari orang-orang yang melihat.
  • Sikap yang benar.  Ketika berbicara, perlu memperhatikan bahasa tubuh yang tepat karena hal ini akan membuat kita dipercaya.
  • Tertarik pada materi pembicaraan.  Ketertarikan pada apa yang kita sampaikan dan semangat saat membicarakan materi akan membuat orang-orang akan tertarik mengikutinya.
  • Terbuka terhadap diri sendiri kita perlu terbuka terhadap masukan dari orang lain untuk terus memperbaiki penampilan kita ketika berbicara di depan umum.

Dasar-dasar utama diatas bisa dicoba, sahabat remaja.... agar kita semakin terlatih dan kelak terampil ketika berbicara di depan umum.


Referensi:

Dunar, H. (2017). My Public Speaking. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Silakan bagikan halaman ini:

Artikel Lainnya

Jadikan Membacamu Lebih Asyik


Katakan TIDAK pada Rayuan Pacar


Berbagi dengan Dukungan Psikologi Awal (DPA)


Setelah Ini, Aku Mau Ngapain?


Aku (Hanya) Ingin Bahagia


Habis Diputus Pacar, Kenapa Susah Move On?


Mengenal Diri dan Menghargai Diri sebagai Langkah Mencintai Diri Sendiri


Teman Curhat


Susun Rencana Masa Depanmu Lebih Terencana Dengan SMART


Berkenalan dengan Public Speaking


Remaja Solutif


Kenali Bahasa Cintamu


Psikolog Masuk Sekolah
psikologmasuksekolah

@PSIMAS, 2020. ALL RIGHTS RESERVED