Artikel

Jadikan Membacamu Lebih Asyik

Redaksi Psikolog Masuk Sekolah
28-08-2021 22-48_cover.jpg

Hai sahabat remaja,  apa kabarnya? Semoga selalu tetap semangat dalam belajar ya.

Apa sih yang kamu lakukan ketika melihat buku? Mungkin pertama-tama dibuka, lalu dibaca. Atau mungkin dibaca sebentar, lalu segera disimpan lagi. Atau bahkan kamu tidak tertarik untuk membukanya. 

Orang bilang, bahwa buku adalah jendela dunia. Tahukah kamu arti ungkapan itu? Dengan membaca buku kamu menjadi tahu banyak hal. Untuk beberapa hal, yang awalnya kamu sama sekali tidak paham, setelah membaca buku lalu perlahan-lahan kamu mulai mengerti. Lewat membaca buku, kamu bisa memahami sesuatu dan pengetahuanmu semakin banyak. Makin banyak dan luas pengetahuanmu, makin besar pula peluangmu untuk mencapai kesuksesan, prestasi belajar, dan banyak teman.

Nah persoalannya, meski kamu tahu keuntungan dari kebiasaan baca buku, tapi kamu belum tentu mau melakukannya. Barangkali karena kamu merasa bosan dengan buku yang isinya monoton, sulit dipahami kata-katanya, cover tidak menarik, atau bahkan karena mahal harganya.  Ketika kamu kehilangan kebiasaan membaca buku, kamu jadi merasa asing ketika membuka buku. 

Padahal aktivitas yang namanya membaca itu sudah kita lakukan sejak kita masih di bangku TK. Dimulai dengan membaca huruf dan angka, lama kelamaan bisa membaca kalimat dan memahami artinya. Ketika hari ini kita menggunakan media sosial, kita pun perlu membaca, minimal membaca caption. 

Nah, bagaimana agar aktivitas membaca itu jadi lebih asyik?

Ketika kita melakukan sesuatu dengan cara yang menyenangkan, pasti kita tidak akan bosan melakukannya. Demikian juga dengan aktivitas membaca. Kalo kita membaca karena keinginan dari dalam diri kita, itu lebih asyik ketimbang kita membaca karena terpaksa atau disuruh guru. Nah berikut adalah beberapa tips cara membaca buku agar terasa menyenangkan.

  •  Bacalah di tempat yang membuatmu merasa tenang
  • Membaca dengan posisi duduk yang nyaman
  • Membuat point-pont kecil tentang materi yang dibaca
  • Ketika menemukan materi yang sulit, berhentilah dan cobalah membaca kembali. Apabila masih sulit memahami, maka bisa menanyakan kepada guru.
  • Buatlah jeda waktu atau beristirahat sejenak setelah membaca satu materi
  • Cobalah untuk mengingat kembali apa yang sudah dibaca. Misalnya dengan menceritakan kembali point-point penting bacaan.


Nah itulah tips agar prosesmu membaca buku jadi lebih asyik. Selamat mencoba, teman-teman. 


(gambar ilustrasi diambil dari www.tes.com)


Silakan bagikan halaman ini:

Artikel Lainnya

Jadikan Membacamu Lebih Asyik


Katakan TIDAK pada Rayuan Pacar


Berbagi dengan Dukungan Psikologi Awal (DPA)


Setelah Ini, Aku Mau Ngapain?


Aku (Hanya) Ingin Bahagia


Habis Diputus Pacar, Kenapa Susah Move On?


Mengenal Diri dan Menghargai Diri sebagai Langkah Mencintai Diri Sendiri


Teman Curhat


Susun Rencana Masa Depanmu Lebih Terencana Dengan SMART


Berkenalan dengan Public Speaking


Remaja Solutif


Kenali Bahasa Cintamu


Psikolog Masuk Sekolah
psikologmasuksekolah

@PSIMAS, 2020. ALL RIGHTS RESERVED