Artikel

Setelah Ini, Aku Mau Ngapain?

Anik Budi Utami, S.Psi.
18-05-2021 16-46_cover.jpg

Hai sahabat remaja, bagaimana harimu? Semoga selalu dipenuhi rasa syukur dan keceriaan sepanjang hari. Oh ya..... seleksi masuk perguruan tinggi udah dimulai ya... Masih galau dan bingung setelah dari SMA atau SMK mau melanjutkan ke mana?? Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? cari kerja? Menikah? Kursus, membuka usaha? Atau??? Duuh masih galau ya..... Apa ya... yang bisa sahabat lakukan dalam situasi seperti ini? Berikut beberapa tips yang bisa sahabat lakukan dalam situasi seperti ini:


Gambar oleh: pixabay.com

1. Luangkan sedikit waktu untuk merenung, ambil kertas dan alat tulis, buat gambar garis berkelok seperti sungai. Buat aliran sungai kehidupanmu, bagi menjadi 8 titik. Titik 0, 7, 15, 21, 30, 40, 50 , dan 60. Bayangkan apa yang sudah atau ingin kalian capai di masing-masing usia tersebut. Tentang pendidikan, pekerjaan, aktivitas yang dilakukan, prestasi yang diraih dan lainnya. Bayangkan sudah seperti apakah kalian di usia tersebut, sudah setua om/tante? Ayah/ibu? Langkah ini akan membuat kita menyadari bahwa kehidupan itu terus berjalan dan setiap detik yang kita lalui adalah langkah mencapai tujuan-tujuan kecil yang menjadi jalan untuk mencapai tujuan besar dalam hidup kita. Setelah itu, coba renungkan apa tujuan hidupmu sebenarnya. Tujuan inilah yang akan mengarahkan langkah apa yang harus kita lakukan.

2. Kenali diri kita. Sahabat sudahkah kita mengenal diri kita? Tuhan telah menganugerahkan dan menciptakan kita dengan berbagai kelebihan, yuks kenali diri kita lebih jauh. Mengenal diri bisa dengan berbagai hal. Kita bisa mencoba membuat daftar apa yang kita suka dan tidak kita suka dari diri kita (baik ciri fisik, sifat, atau pola pikir), buat pula pandangan orang lain tentang kita yang kita ketahui. Mengenal diri menjadi salah satu modal untuk kita mengetahui apa yang bisa kita lakukan ke depan.

3. Kenali minat dan karakter diri kita. Jenis pekerjaan dan karir ternyata tidak bisa dipisahkan dari kepribadian seseorang. Nah... coba kenali lebih jauh karaktermu ya...

4. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Agar tidak salah arah kumpulkan informasi tentang berbagai hal yang terkait misalnya informasi berbagai jurusan di perguruan tinggi beserta profesi yang akan dijalani, berbagai pilihan pendidikan tinggi mulai dari D3, S1 dan lainnya, informasi berbagai kursus, serta informasi lain yang kamu butuhkan. Semakin banyak informasi yang kamu peroleh semakin luas pengetahuanmu.

5. Diskusi dengan orang tua, guru, teman atau orang yang kamu percayai. Berbincang dengan orang tua penting ya agar kamu tahu juga apa harapan orang tuamu, bagaimana kondisi keuangan keluarga dan lainnya.

Berikut tadi beberapa hal yang bisa sahabat lakukan agar tidak galau berkelanjutan. Yuuuuk.... Jadilah dirimu yang terbaik mulai dari saat ini dan seterusnya....


Referensi:

Tim Penyusun. (2019). Mau Jadi Apa Aku? Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Silakan bagikan halaman ini:

Artikel Lainnya

Tumbuh berkembang bersama sahabat


Antara Passion dan Career, Mana yang Lebih Diutamakan?


Jadikan Membacamu Lebih Asyik


Katakan TIDAK pada Rayuan Pacar


Berbagi dengan Dukungan Psikologi Awal (DPA)


Setelah Ini, Aku Mau Ngapain?


Aku (Hanya) Ingin Bahagia


Habis Diputus Pacar, Kenapa Susah Move On?


Mengenal Diri dan Menghargai Diri sebagai Langkah Mencintai Diri Sendiri


Teman Curhat


Susun Rencana Masa Depanmu Lebih Terencana Dengan SMART


Berkenalan dengan Public Speaking


Psikolog Masuk Sekolah
psikologmasuksekolah

@PSIMAS, 2020. ALL RIGHTS RESERVED